.........................................................................................................................................
Home » , » Cara melegakan/memperbesar RAM pada android

Cara melegakan/memperbesar RAM pada android

Written By Fikry Kamaludin on Monday, June 3, 2013 | 1:00 PM

memperbesar RAM pada android

Trik dan Cara memperbesar free RAM pada android - Siapa sih yang ga mau Free Ram nya banyak/lega/luas pada device android ?? Semua user android pastinya menginginkan itu kan.. Free RAM yang tersisa banyak,  tetapi Used RAM yang terpakai hanya sedikit.. Seperti yang ada pada screenshot di bawah :

                                             melegakan/memperbesar RAM pada android


Screenshot diatas adalah tampilan free ram yang sudah saya lakukan pada device samsung galaxy mini.. Tapi  menurut pendapat saya, ini bisa di lakukan pada android device lainnya, karena saya mendapatkan cara ini juga dari device android lain.. Dan saya coba praktekan di galaxy mini saya, Dan hasilnya ternyata WAH banget dan WORK 100% tanpa kendala.. Saya rasa ini aman..
Ini sangat berguna bagi para gamers, karena dengan cara ini, device android yang memiliki kapasitas ram minim seperti Device (Samsung Galaxy Mini) saya bisa membantu kelancaran dalam bermain game-game HD, saya juga sudah mencoba dengan memainkan game Real Racing 2, FIFA 12, PES 2012, Mass Effect, dan game HD lainnya dan ternyata bisa berjalan dengan lancar dengan menggunakan cara ini.. Padahal jika bermain game HD seperti FIFA 12 dan Real Racing 2 pada cusrom yang pernah saya gunakan ternyata masih lag jika tanpa menggunakan cara ini..

Cara melegakan/memperbesar RAM pada android

Dalam cara ini saya menggunakan Adrenaline Boost v3 yang tersedia di forum xda dan menggunakan script 98_test yang saya dapat dari forum xda juga..

Cara Memperbesar RAM Android


*Wajib ROOT dulu


TAHAP 1 :

1. Download Adrenaline Boost v3 di SINI
2. Masuk CWM
3. Mount /system and /data
4. Flash File Adrenaline_boost v3 via CWM
5. Reboot


6. Setelah Reboot, 
7. Buka Root Explorer
8. Trus Edit Build.prop dan Cari Tulisan " ro.HOME_APP_ADJ=1 "
    Dirubah Menjadi " ro.HOME_APP_ADJ=-25 "
    Jika di build.prop tidak ada tulisan seperti itu, kalian bisa menambahkan di bawah..
    Sebenarnya jika tidak di tambahkan juga gpp.. itu sih optional
9. Save & Reboot
10. Setelah Reboot,
11. Masuk Terminal Emulator
      Trus Ketik :
      su Klik enter
      boost Klik enter
      reboot Klik Enter


*Kalo Boostnya Not Found, Download File Boost , setelah itu taro di system/bin/
permissionnya bisa di centang semua, kalo udah, masuk ke terminal emulator lagi..
ketik: su Klik enter
ketik: boost Klik enter


TAHAP 2 :

1. Download File Zip Script 98_tes Di SINI
2. Extrac Zip, Hasil Extract, Paste Ke system/etc/init.d
    Untuk permission bisa di checklist semua
3. Reboot

DWYOR (Do With Your Own Risk)


Setelah Reboot silakan lihat hasilnya.. Jika berhasil maka anda bisa menikmati free ram anda

Cara melegakan/memperbesar RAM pada android
Judul: Cara melegakan/memperbesar RAM pada android
Ditulis Oleh: Fikry Kamaludin
Summary:
Review: 4.5 9 reviews
Share this article :
1:00 PM

87 komentar:

  1. gan fikri klo boostnya not found gmn tuh solusinya....

    ane dah ikutin tutor di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ane jelasin gan diatas :)

      Delete
    2. gAn fikri mseh not found pdahal udh ad file boostnya

      Delete
  2. gan, waktu ketik boost di terminal emulatornya kok error not found gan??

    ReplyDelete
  3. install busybox dulu kalo boostnya ga ada

    ReplyDelete
  4. ane udah instal busybox tapi boost nya tetep not found, itu gimana ?

    ReplyDelete
  5. berarti pake cara ini ngehapus aplikasi yg ada di sd card ga?

    ReplyDelete
  6. Klo pake seeder V7 bentrok ga gan...?

    ReplyDelete
  7. Trus Edit Build.prop dan Cari Tulisan " ro.HOME_APP_ADJ=1 "
    Dirubah Menjadi " ro.HOME_APP_ADJ=-25 "

    itu ro.HOME_APP_ADJ=-25 benar -25 za gan

    ReplyDelete
  8. Gan trik ini gak bikin galmin ane bootloop atau brick kan??
    trus ntar gk usah di wipe data sma cache nya kan?
    mohon pencerahannya..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane nyoba sih nggak gan..
      alhamdulillah aman..

      kalo ragu, mending ga usah gan.. hati-hati dalam mengedit buil.prop..

      Delete
  9. Di cross a18 ane g jalan gan padahal udah semua tk jalanin free ram cm 115mb
    ony trik jalanin game temple run oz g gan?

    ReplyDelete
  10. q dah berhasil gan, tapi kq gak nambah ram, tapi malah memperingan kerja ram,

    ReplyDelete
  11. gan ko folder system/etc/init.d g ktemu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di stockrom harus di buat dulu gan..
      baca disini https://www.facebook.com/groups/galmin/doc/398388080184861/

      Delete
  12. ro.HOME_APP_ADJ=1

    kagak ada gan gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas sudah saya jelasin gan :)
      silakan di tambahkan aja script ro.HOME_APP_ADJ=-25 tersebut ke build.prop

      *Hati-hati dalam mengedit build.prop :)

      Delete
  13.   gan,“Untuk permission bisa di checklist semua“ itu arti nya apa ya? Apa maksudnya rw-r-r atau semua kolom di checklist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. di checklist semua.. jadi rwxrwxrwx

      Delete
  14. gan tulisan ro.HOME_APP_ADJ=-25 ditambahkan di build.prop bagian mananya? kan ada banyak tuh contoh keterangannya # begin build properties dan lain-lain nah saya taruh ro.HOME_APP_ADJ=-25 dimananya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan boots nya klo td di download kan formatnya .txt klo di copy ke system/bin dignti formanya apa yah gan ??

      thank's. .

      Delete
    2. format .txt nya hapus aja..

      biar jadi ->> boost

      tanpa ada embel-embel di belakang

      Delete
  15. Hape saya andromax i dan masih belum root.
    saya cari init.d gk ada. Apa harus diroot dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus root dlu ,,,,, pake ram script,,,, gta gk lag di maxi,,,, root gk ada resiko, asal kita benar mengoprasikan,,,,,

      Delete
  16. Gan init.d nya kok ga ada ya?
    Mohon pencerahan gan

    ReplyDelete
  17. Init.d sama build.prop kok ga ada gan?

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. masa ga ada gan ??
      emangnya hh ente apa ?? :)

      Delete
  19. Klo kita ngerut diwanet bs g ga,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, tapi harus ada aplikasinya juga :)

      Delete
  20. Ane udah coba yg ngedit buildprop it tp hasilny nihil , denger" ini cuma work d gingerbread yah??
    N d JB WORK gak min??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cuma edit buildprop sepertinya emang ga ngaruh gan, karena ini kan pake adrenaline boost v3 :)

      Delete
  21. nga ada perubahan gan, kayaknya cuman work di GB,

    ReplyDelete
  22. Punya ane ICS , trus pas di coba kaya nya ga ada yg berubah ..
    apa GB aja yaah yg work atau ane salah instal ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan seperti itu mas..

      karena saya baru nyoba di stockrom official GB

      Delete
  23. proses ini dengan proses partisi micro SD ada bedanya gak? kalau memang sama, mana yang lebih bagus???

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda gan

      kalo partisi kegunaannya untuk menambah memori internal yang sudah full, kalo ini untuk meningkatkan kinerja RAM

      Delete
  24. di dlm buil.prop di taro paling bawah apa dimananya...??

    ReplyDelete
  25. gan..cara yg agan ksih tau itu makan mmory internal atau external y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak 22nya gan, ini hanya memperingan kinerja ram :)

      Delete
  26. gan seumpama ane pake link2sd, ram manager pro ntar bakal bentrok gak gan? mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
  27. Menurut ane sih kayaknya nggak gan

    Tp ane juga blm nyoba double kyk gitu

    ReplyDelete
  28. gan
    error when Boosting !
    kenapa tu? itu d terminal emulator

    ReplyDelete
  29. gan
    kalau Error When Boosting
    Gimana tu?
    Uda pke busybox ttp gtu @@

    ReplyDelete
  30. sd card minimal brp gb ma class brp gan? thanx

    ReplyDelete
  31. Script_98 nya g bisa di download gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok gan, coba lagi aja deh :)

      Delete
    2. Adrenaline_boost v3 nya gk bisa di download gan blocked

      Delete
  32. Adrenaline_boost v3 nya gak bisa di download gan eror

    ReplyDelete
  33. Adrenaline_boost v3 nya gk bisa di download gan blocked

    ReplyDelete
  34. Aplikasi ini usefull banget buat pengguna android mengingat kebutuhan akan aplikasi, game maupun sarana hiburan lainnya yang bisa dijalankan di ponsel dan RAM merupakan sumber daya yang mengalokasikan semuanya. Tips diatas bagus dan terperinci. Nice tips. :)

    Best Regards
    NGAGE4ALL

    ReplyDelete
  35. gan HP ane kok gk bisa ya buka Script 98_tes .
    ketika aku buka muncul tulisan ''aplication not available''
    mohon penjelasanya gan

    ReplyDelete
  36. Bro it andrealine apps atau apa?dbuka cuma ad manifest, system. Kok ga bs di instal?

    ReplyDelete
  37. orang di boongin kok pada mau, adrelain boost itu buat chipset tegra y ver 3 keatas, jadi percuma kalau diinstall tdk sesuai dengan hhnya, coba saja, saran saya intall aplikasi/edit builprof dan lain sebagainya sesuai dengan hh anda, yg penting jng banyak aplikasi, mana aplikasi yg harus ditaruh di sdcard dan mana yg harus di sytem,makin banyak aplikasi kinerja android akan turun, mau pakai segala macam cara juga percuma, percayalah bos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha semua tergantung individu

      Delete
  38. kenapa file boost ko g bs di copy ke system/bin "because the file system is read-only"??

    ReplyDelete
  39. kenapa file boost g bisa di copy ke system/bin "because the file system is read-only???

    ReplyDelete
  40. ahhh sulit gan..,
    gak bisa-bisa..,
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
  41. kalo pake stok recovery mode bisa gak gan???

    ReplyDelete
  42. kalo pake stok recovery mode bisa gak gan???

    ReplyDelete
  43. kalo pake stok recovery mode bisa gak gan???

    ReplyDelete
  44. kalo pake stok recovery mode bisa gak gan???

    ReplyDelete
  45. gan kalo pake stok recovery mode bukan pake CWM bisa gak???

    ReplyDelete
  46. kalo pake stok recovery mode bisa gak gan???

    ReplyDelete
  47. 100% work di ace ane..terima kasih gan..

    ReplyDelete
  48. thank's gan, worked and succes di Huawei Ideos X5.. :D

    ReplyDelete
  49. file "boost" set permission rwx-rwx-rwx

    ReplyDelete
  50. download terminal emulatornya d mna?

    ReplyDelete
  51. download terminal emulator nya d mna.. (newbie)

    ReplyDelete
  52. nice post, di tunggu kunbalnya http//:androidzoneindo.blogspot.com/2014/02/cara-install-bbm-di-armv6-dengan-mudah.html?m=1

    ReplyDelete
  53. gan setelah ane kasih script ro.HOME_APP_ADJ=-25 kok jadi boot loop HH ane gan..ane pake samsung Glaxy y S5360 gan..untung dah ane backup dolo gan..kenapa ya gan..

    ReplyDelete
  54. kalo pke cusrom cyano cream v4 gmn gan?

    ReplyDelete
  55. gan, kalo cusrom cyano cream v4 gmn?

    ReplyDelete
  56. makasih gan tutornya berhasil nih di sgm2 & sga

    ReplyDelete
  57. berguna bangat tutornya gan berhasil nih di SGM2 & SGA ane...!!!

    ReplyDelete
  58. galaxy y gt gue jadi komplit dah setelah link2sd extreme tamabah cosrum cyano cream v 4 tambah satu lagi ini melegakan ram wah jadi mantep serasa pake hh baru haha makasih gan maju terus

    ReplyDelete
  59. gan koq ane ttp gbsa yaa not founding pdahl udh dwnload file boostnya

    ReplyDelete
  60. liat hasilnya dimana gan.. ane udah jalanin tutorialnya di atas....

    ReplyDelete

 
Support : BLOG TUTORIAL | FIKRY KAMALUDIN | GAMES ARENA
Copyright © 2013. Fikry Kamaludin - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger